Supriyadi: Dharmavihari Buddhist Studies (DBS) Mengembangkan Buddha Dhamma di Indonesia.

Administrator icons | Noun Project 2019-03-24 14-10-43.png
Dhammavihari
18 Oct 2022

Jakarta (Humas Buddha)

Dirjen Bimas Buddha Supriyadi hadiri Hari Abhiddhamma Dharmavihari Buddhist Studies (DBS) ke-11, Minggu (16/10).

Dalam sambutannya Supriyadi mengapresiasi DBS yang telah fokus dalam mengembangkan Buddha Dhamma di Indonesia.

"Terimakasih Bhante Asin Kheminda telah memberikan kontribusi yang sangat positif bagi perkembangan Buddha Dhamma di tanah air Indonesia,” ungkapnya.

Menurut Dirjen perjalanan pembelajaran Abhidhamma di Indonesia cukup panjang, beliau (Asin Kheminda) berkomitmen untuk memberikan pembelajaran kepada umat agar dapat belajar Abhidhamma dengan struktur dan sistematis.

“Terlebih dengan kerjasama yang dilakukan DBS dengan Kedutaan Besar Myanmar melalui Sertifikasi Abhidhamma untuk memberikan pengakuan bahwa para pelajar yang telah menyelesaikan program Abhidhamma itu mendapat pengakuan secara internasional dan juga secara nasional,” tambahnya.

Supriyadi juga sampaikan harapannya untuk menjadi agen-agen pembelajaran Abhidhamma bagi umat Buddha.

"Harapan kami adalah apa yang telah dihasilkan dan sudah diraih oleh para pelajar tentu tidak hanya untuk diri sendiri tapi saya berharap dapat menjadi agen-agen pembelajar bagi umat yang lain agar juga belajar Abhidhamma,” tutur Dirjen.

Harapan berikutnya yakni dengan kita belajar maka tentu yang harus kita tanamkan dalam diri kita adalah bukan hanya belajar untuk mengetahui semata, tetapi dengan belajar Abhidhamma ini kita bisa belajar lebih jauh lagi untuk bisa memahami dan mempraktekkan, bahkan menjadikan sebagai pedoman hidup kita.

Karena itu kata Supriyadi, saya mengutip suatu kata-kata yang terus saya pegang sendiri, yakni bahwa belajar Dhamma itu tidak untuk diperdebatkan tapi untuk mendapatkan kebahagiaan itulah yang kemudian senantiasa menjadi pedoman saya pribadi untuk tidak lelah dan tidak berhenti untuk belajar.

Y.M Bhante Asin Kheminda dalam pesan dhamma menyampaikan pentingnya Abhiddhamma bagi umat Buddha.

"Mempunyai alasan yang cukup valid bahwa Abhidhamma harus dipopulerkan di seluruh pelosok Indonesia, bahkan kalau bisa semua pembabar Dhamma, semua guru Dhamma sebaiknya juga menguasai Abhidhamma,” jelas Bhante.

Lebih lanjut Bhante Asin Kheminda menjelaskan manfaat belajar Abhidhamma yang sangat besar tidak hanya manfaat untuk diri kita sendiri tetapi juga sebagai pembabar Dhamma yang paham Abhidhamma, maka apa yang akan anda sampaikan juga akan memberikan manfaat yang besar kepada pendengarnya.


Sumber : Humas Buddha
Penulis : Tim Humas
Editor : Budiyono

https://bimasbuddha.kemenag.go.id/supriyadi-dharmavihari-buddhist-studies-dbs-mengembangkan-buddha-dhamma-di-indonesia-berita-900.html

Posting Serupa